PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SI KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOKSANGGUL

SIMAMORA, SANDRO JOSEPON (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SI KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOKSANGGUL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126172033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126172033 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126172033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126172033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126172033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126172033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126172033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126172033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126172033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126172033 TABLES.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126172033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126172033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126172033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126172033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126172033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126172033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126172033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk topik sistem persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP N 3 Doloksanggul, mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berdasarkan masalah. Perangkat pembelajaran dikatakan baik jika setelah divalidasi dan dilakukan uji coba, memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, yaitu untuk tiap pertemuan harus memenuhi: aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada batas toleransi waktu ideal, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif, dan tes hasil belajar valid, reliabel, dan sensitif. Selanjutnya, PBM efektif jika hasil belajar siswa secara klasikal tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 3 Doloksanggul, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu VII-E dan VIII-A yang masing- masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes komunikasi matematik siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,93. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketercapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu secara klasikal sebesar 87,50% sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu 2,73 meningkat menjadi 3,05 pada ujicoba II. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek menggambar; (2) aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berbasis masalah sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (3) respon siswa terhadap komponen dalam proses pembelajaran berbasis masalah sudah menunjukkan respon yang positip. Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu: pendefinisisian, perancangan, dan pengembangan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pembelajaran, buku siswa, buku guru, lembar aktivitas siswa, dan tes hasil belajar, telah memenuhi kriteria baik/valid;

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Model pembelajaran berdasarkan masalah, kemampuan komunikasi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:57
Last Modified: 13 Feb 2019 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30086

Actions (login required)

View Item
View Item