Bakti, Asmara (2017) ANALISIS KEBIJAKAN PENDIRIAN SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132058 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 8156132058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM. 8156132058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156132058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 8156132058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM. 8156132058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8156132058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 8156132058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 8156132058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. NIM. 8156132058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 8156132058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebijakan pendirian
satuan pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Aceh Selatan dengan
menggunakan teori implementasi kebijakan George C Edwards III dengan cara
melihat bagaimana proses komunikasi, kesiapan sumberdaya, proses disposisi
dan faktor struktur birokrasi serta implementasi Kepmendiknas nomor 60 tahun
2002 dalam analisis implementasi kebijakan pendirian satuan pendidikan dasar
dan menengah di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan
metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan
informan para pengambil kebijakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 sekolah
yang dibangun dan dinegerikan pada tahun 2014 dan tahun 2016 terdapat 12
sekolah jumlah siswa tidak sesuai dengan syarat rombongan belajar yang
ditetapkan, sarana dan prasarana sekolah belum lengkap dan penempatan pendidik
serta tenaga kependidikan belum merata. Proses komunikasi, sosialisasi tentang
syarat pendirian sekolah tidak dilaksanakan dengan baik. Kesiapan sumberdaya
seperti penyampaian informasi tentang syarat pendirian sekolah belum maksimal,
fasilitas sarana dan prasarana sekolah belum lengkap dan memadai. Proses
disposisi belum tepat karena dinas pendidikan tidak menerbitkan surat keputusan
dan insentif untuk tim verifikasi studi kelayakan. Faktor struktur birokrasi belum
jelas karena belum ada pembagian tugas yang jelas dalam tim verifikasi pendirian
sekolah, standar operasional prosedur belum mengacu pada Kepmendikbud
Nomor 060/U/2002. Kesimpulan penelitian bahwa Dinas Pendidikan Aceh
Selatan belum optimal melaksanakan implementasi kebijakan sesuai dengan
Kepmendiknas Nomor 060/U/2002. Saran kepada Dinas Pendidikan Kabupaten
Aceh Selatan agar melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada serta
pemerataan guru pada sekolah SD dan SMP yang didirikan pada tahun 2014 dan
tahun 2016. Saran untuk Dinas Pendidikan Provinsi Aceh agar memperhatikan
dan melengkapi fasilitas sekolah menengah yang di bangun tahun 2014 di
Kabupaten Aceh Selatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Bak a |
Keywords: | Implementasi Kebijakan, Pendirian Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan Aceh Selatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 08:28 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30038 |