Pane, R. Ade Safari (2017) EVALUASI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH PADA GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF SMK NEGERI 1 AIR PUTIH BATU BARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156132086 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 8156132086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM 8156132086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM 8156132086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8156132086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 8156132086 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 8156132086 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8156132086 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156132086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM 8156132086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 8156132086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi
implementasi supervisi akademik, tanggapan guru produktif, permasalahan yang
dihadapi oleh pengawas sekolah dan solusi yang diambil pengawas sekolah.
Subjek penelitian ini merupakan pengawas sekolah dan guru mata pelajaran
produktif yang bertugas di SMK N 1 Air Putih Batu Bara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. subjek penelitian,
peneliti menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling.
Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang mengacu kepada teori
Miles dan Huberman Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
dokumentasi dan wawancara mendalam. Temuan dalam penelitian ini adalah 1)
rencana kegiatan supervisi akademik yang dimiliki oleh pengawas disusun oleh
tim penelitian dan pengembangan KKPS SMK Kabupaten Batu Bara, 2)
pelaksanaan supervisi akademik hanya sebatas pemantauan dan penilaian kegiatan
mengajar guru di kelas, belum ada pelaksanaan bimbingan dan pelatihan untuk
mengatasi masalah dan kebutuhan guru. Terdapat beberapa hal yang menjadi
faktor hambatan dan yang mendukung dalam implementasi supervisi akademik.
Hambatan itu antara lain: 1) latar belakang bidang studi pengawas sekolah yang
berbeda dengan guru binaan, 2) komunikasi pengawas sekolah dan guru yang
belum terbina dengan baik, serta 3) kompleksitas tugas dan tanggung jawab
pengawas sekolah yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara.
Sedangkan faktor pendukungya yaitu sudah terbentuknya Kelompok Kerja
Pengawas Sekolah (KKPS) yang merupakan wadah untuk mengatasi berbagai
masalah yang dihadapin oleh pengawas sekolah dalam melakukan supervisi
akademik. Selain itu, tingginya motivasi dan harapan guru akan pembinaan dan
bimbingan yang diberikan pengawas sekolah juga menjadi faktor lainnya yang
dapat mendukung implementasi supervisi akademik pada sekolah menengah
kejuruan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Pan e |
Keywords: | Evaluasi, Supervisi akademik, Mata Pelajaran Produktif, Pengawas sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 08:24 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30037 |