Harahap, Rudiyansyah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA ANATARA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI KELAS VII SMP SWASTA PELITA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172071 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8156172071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
3. NIM. 8156172071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8156172071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
5. NIM. 8156172071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 8156172071 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8156172071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156172071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
12. NIM. 8156172071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 8156172071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (2) perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri, (3) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pelita Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 4,975 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (2) Terdapat perbedaan kemampuan kecerdasan emosional siswa antara model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran inkuiri. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 21,127 lebih besar dari Ftabel = 3,980. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,184 lebih kecil dari Ftabel = 3,130. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (PBM dan inkuiri) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) siswa terhadap kemampuan kecerdasan emosional siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ANAVA dengan Fhitung = 1,067 lebih kecil dari Ftabel = 3,130
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:03 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30030 |