Sinaga, Laura Sarasonia (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4122111015 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 4141111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. 4141111023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. 4141111023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
5. 4141111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 4141111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. 4141111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 4141111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 4141111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
10. 4141111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. 4141111023 BAB V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
15. 4141111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan modle pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi Kubus dan Balok,siswa kelas VIII SMP N 2 Kotapinang T.A 2017/2018.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Kotapinang yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1
sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu dengan instrumen berupa tes pilihan berganda yang telah valid dan reliabilitas tinggi yaitu 0,739 untuk soal pretest dan 0,988 untuk soal postest.
Nilai rata-rata hasil pretest eksperimen I adalah 57,04 dan nilai rata-rata untuk hasil pretest kelas eksperimen II adalah 54,07. Dari hasil analisis data pretest kelas eksperimen I diperoleh L0 = 0,142 < Ltabel = 0,148 dan data pretest kelas eksperimen II diperoleh L0 = 0,134 < Ltabel = 0,148. Maka dapat disimpulkan data pretest kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretest diperoleh bahwa kedua sampel homogen yaitu dengan
Fhitung = 1,007 < Ftabel = 1,76.Nilai rata-rata hasil postest eksperimen I adalah 78,15 dan nilai rata-rata untuk hasil postest kelas eksperimen II adalah 73,70. Dari hasil
analisis data postest kelas eksperimen I diperoleh L0 = 0,114 < Ltabel = 0,148 dan data postest kelas eksperimen II diperoleh L0 = 0,147 < Ltabel = 0,148. Maka dapat disimpulkan data postest kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postest diperoleh bahwa kedua sampel homogen yaitu dengan Fhitung = 1,028 < Ftabel = 1,76.Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t maka
diperoleh thitung = 1,766 dan ttabel = 1,666. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP N 2 Kotapinang T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 069 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa,model TGT,model TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 14:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29998 |