Lumban Gaol, Masdiana (2010) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN PENGENDALIAN STRES TERHADAP KOMITMEN GURU (STUDI EMPIRIS DI SUB RAYON SMPN 41 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1500081188130103 Abstrak.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
1500081188130103 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
1500081188130103 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
1500081188130103 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188130103 Bab V.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
1500081188130103 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjawab permasalahan dari lima hipotesis yang diajukan, yakni pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja, terhadap pengendalian stres, terhadap komitmen guru, pengaruh langsung motivasi kerja terhadap komitmen guru, dan pengendalian stres terhadap komitmen guru di sub rayon SMPN 41 Medan.Data dari 53 orang responden sampel dari 118 orang populasi. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan analisis uji coba pembobotan, validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis mencakup uji normalitas, homogenitas, linearitas dan keberartian regresi kemudian dilakukan analisis data dengan model path analysis.Hasil analisis menunjukkan pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja adalah sebesar 73,96%, terhadap pengendalian stres 58,83%, motivasi kerja terhadap komitmen guru 17,81%, dan pengendalian stres terhadap komitmen guru sebesar 24,09%. Pengaruh langsung persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen guru lemah dan tidak signifikan namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap komitmen guru melalui motivasi kerja sebesar 36,30% dan melalui pengendalian stres 37,58%.Semakin tinggi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan pengendalian stres maka semakin tinggi pula komitmen guru di sub rayon SMPN 41 Medan, maka untuk mengoptimalkan komitmen guru perlu peningkatan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan pengendalian stres.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.068 3 Lum p |
Keywords: | Sekolah; Komitmen; Kepala sekolah; Pengendalian stres; Kepemimpinan; Guru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 19:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2996 |