PUTRI, SUADHANI (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311065_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1143311065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 1143311065_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1143311065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1143311065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143311065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143311065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143311065_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311065_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1143311065_BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14. NIM. 1143311065_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
15. NIM. 1143311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Learning pada mata
pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia Kecamatan Percut sei
Tuan T.a 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali
pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
106811 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan yang berjumlah 35 orang siswa
yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Objek penelitian ini
adalah penggunaan model pembelajaran Open Ended Learning untuk
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi minat belajar siswa.
Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah minat belajar siswa selama
pembelajaran berlangsung dan kegiatan aktivitas mengajar guru selama
melakukan tindakan penelitian.
Berdasarkan analisis data angket pada kondisi awal dari 35 orang siswa,
yang memiliki kriteria “belum berminat” diperoleh data sebesar 82,86% dengan
memiliki kriteria “belum berminat” sebanyak 29 orang siswa, dan siswa yang
memiliki kriteria “berminat” diperoleh data sebesar 17,14% sebanyak 6 orang
siswa. Pada siklus I diperoleh data sebesar 57,14% dengan memiliki kriteria
“belum berminat” sebanyak 20 orang siswa, siswa yang memiliki kriteria
“berminat” diperoleh data sebesar 42,86% sebanyak 15 siswa. Pada siklus II
diperoleh data sebesar 8,57% dengan memiliki kriteria “belum berminat”
sebanyak 3 orang siswa, sedangkan siswa yang memiliki kriteria “berminat”
diperoleh data sebesar 91,43% sebanyak 32 orang siswa. Dari hasil observasi
minat belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan terhadap minat
belajar siswa. Pada siklus I pertemuan-1 diperoleh data persentase sebesar 55,83%
dengan kriteria rendah “belum berminat”. Pada siklus I pertemuan-2 diperoleh
data persentase sebesar 65,33% dengan kriteri sedang “belum berminat”. Pada
siklus II pertemuan-1 diperoleh data persentase sebesar 70,74% dengan kriteria
tinggi “berminat”. Pada siklus II pertemuan-2 diperoleh data persentase sebesar
81,76 dengan kriteria tinggi “berminat”.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Open Ended Learning dapat meningkatkan
minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di
kelas V SD Negeri 106811 Bandar setia Kecamatan Percut Sei Tuan T.A
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 065 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 14:14 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29918 |