SIREGAR, IRMA APRIDA (2018) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LITERASI MELALUI MEDIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111038_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1141111038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 1141111038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1141111038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111038_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1141111038_BAB I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
14, NIM. 1141111038_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1141111038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak dan berbicara siswa yang dikarenakan strategi pembelajaran yang digunakan guru bersifat satu arah (ceramah), guru tidak menggunakan metode ataupun media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mneyimak dan berbicara melalui media berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan enggunakan video pembelajaran mendengarkan isi cerita pada siswa kelas VI SD Negeri 101800 Deli Tua. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dan subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 101800 Deli Tua dengan jumlah 28 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Lembar Observasi dan Test Essay pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh hasil tes menyimak isi cerita dengan menggunakan media
berbasis Information and Communication Technology (ICT) siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (46,42%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 siswa (53,58%) dengan nilai rata-rata 60,53. Setelah itu pada siklus II diperoleh hasil tes
menyimak isi cerita siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,7%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (14,28%) dengan nila rata-rata klasikal sebesar 83.
Selanjutnya hasil observasi pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (46,42%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa (53,58%). Kemudian hasil observasi siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (86,7%) dan siswa
yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (14,28%). Kemudian hasil observasi keterampilan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (35,72%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 18 siswa (64,28%). Kemudian hasil observasi
siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (71,43%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa (28,57%). Ini menunjukkan hasil tes dan hasil observasi menyimak dan observasi berbicara isi cerita pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media berbasis Information and Communication Technology (ICT) meningkatkan pembelajaran literasi pada menyimak dan berbicara isi cerita siswa kelas VI SD Negeri 101800 Deli Tua T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 064 |
Keywords: | LITERASI, ICT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 11:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29913 |