Danis, Amir (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182048 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 NIM. 8156182048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3 NIM. 8156182048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4 NIM. 8156182048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5 NIM. 8156182048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6 NIM. 8156182048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
6 NIM. 8156182048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 8156182048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8 NIM. 8156182048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8156182048 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13 NIM. 8156182048 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 NIM. 8156182048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil
belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dan yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran ekspositori, (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah,
(3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara penggunaan model pembelajaran
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta
Imelda Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling
sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol diberi
perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan
terdiri dari tes hasil belajar PKn dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal
dan lembar angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 pernyataan yang telah
dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA
dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat efek
penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap
hasil belajar PKn, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan
Contextual Teaching and Learning (CTL) (X = 82,16), sedangkan yang diajar dengan
media lagi (X = 71,36) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar PKN, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi (x = 80,99), sedangkan siswa motivasi belajar rendah
(x = 72,16), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan nilai sig.0,001 , dimana hasil
belajar PKn optimal pada siswa yang diajarkan dengan Contextual Teaching and
Learning (CTL) untuk motivasi belajar tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Dan p |
Keywords: | Model Pemb3elajaran, Motivasi Belajar, PKn, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 01:58 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29903 |