Sihotang., Abdi Hakiki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 107458 DOLOK MASIHUL SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182001 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8156182001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 8156182001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156182001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 8156182001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8156182001 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156182001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8156182001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156182001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
13. NIM. 8156182001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 8156182001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) hasil belajar IPS siswa kelas
V yang diajar dengan model pembelajaran time token dan talking stick; (2) hasil
belajar IPS siswa kelas V yang mempunyai minat belajar tinggi dan minat belajar
rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar
terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan
desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di
SDN 107458 Dolok Masihul, dan sampelnya dipilih secara total sampling
sebanyak 60 siswa. Intrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPS dan
angket minat belajar. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Time
Token lebih baik daripada model pembelajaran Talking Stick; (2) hasil belajar IPS
dengan minat belajar tinggi lebih baik daripada minat belajar rendah; dan
(3)terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap
hasil belajar IPS siswa. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa model
pembelajaran time token merupakan solusi pembelajaran dalam meningkatkan
hasil belajar IPS siswa, dan guru juga diharapkan dapat meningkatkan minat
belajar siswa karena minat belajar juga mempengaruhi hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Sih p |
Keywords: | hasil belajar IPS, minat belajar, time token, talking stick |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 01:42 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29868 |