Maslihanna (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTAIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BELAHAN DENGAN TUTUP TARIK DI KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133341028 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 5133341028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM 5133341028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4. NIM 5133341028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM 5133341028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 5133341028 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 5133341028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 5133341028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM 5133341028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
13. NIM 5133341028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 5133341028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil membuat belahan dengan tutup tarik siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Hasil membuat belahan dengan tutup tarik siswa kelas X Tata Busana SMK
Negeri 3 Pematangsiantar yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar membuat belahan dengan tutup tarik siswa kelas X
Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yakni kelas X Tata Busana 2
sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X Tata Busana 4 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui validitas digunakan lembar pengamatan dengan bobot skor 4,3,2,1 yang divalidasi oleh ahli materi, sedangkan untuk mengetahui riliabilitas dilakukan uji kesepakatan pengamat. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu Control Group PostTest-Only Design yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas
yang diberikan perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sedangkan kelas
kontrol diberikan perlakuan pengajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (eksperimen) yaitu cenderung baik (56,7%) dengan nilai rata – rata 90,6, nilai tertinggi 100, terendah 79 dan standar deviasi 5,54, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (kontrol) cenderung cukup (60%) dengan nilai rata – rata 79,5, nilai tertinggi 92,terendah 70 dan standar deviasi 5,02.Kesimpulan
dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar membuat belahan dengan tutup tarik di kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar
dengan hasil perhitungan t > t = 8,14 > 1,671. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 014 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw;Hasil Belajar Membuat Belahan Dengan Tutup Tarik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29831 |