PURBA, SUPRIADI HERIANTO (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) KOMPETENSI DASAR PERKAKAS TANGAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133121029 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 5133121029 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM 5133121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 5133121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 5133121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 5133121029 TABLES .pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 5133121029 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 5133121029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM 5133121029 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 5133121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kompetensi Dasar Perkakas Tangan Pada Siswa Kelas X MP SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu pretest - posttest kontrol design. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa kelas X mesin produksi yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X MP 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas X MP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning , sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan meggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Konpetensi Dasar Perkakas Tangan Siswa Kelas X MP SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 014 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Perkakas Tangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > ND Painting > ND1470 Technique and materials T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29830 |