Arfah, Fitri Siti (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN HIASAN DINDING TEKNIK PAPER QUILLING SISWA KELAS IX MTS. NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. BIM. 5122141003 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. BIM. 5122141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3. BIM. 5122141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. BIM. 5122141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. BIM. 5122141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. BIM. 5122141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. BIM. 5122141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. BIM. 5122141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. BIM. 5122141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. BIM. 5122141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. BIM. 5122141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media flipchart, dan juga (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling siswa kelas IX MTs. Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan populasi seluruh kelas IX sebanyak 11 kelas berjumlah 397 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling purposive. Sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 76 siswa, kelas IX-7 dan kelas IX-8 masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan yang divalidasikan oleh validator yang kompeten. Pengamatan diamati oleh beberapa Pengamat yang ahli dalam bidangnya. Pengamatan dinilai dengan pemberian skor dengan bobot 4, 3, 2, dan 1. Teknik analisis data menggunakan rumus mean, standar deviasi, uji kecenderungan, uji kesepakatan pengamat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan skor rata-rata= 29,45 dan untuk kelas kontrol dengan skor rata-rata= 25,42. Hasil uji normalitas data hasil belajar siswa kelas eksperimen berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (-0,9429 < 0,1438) dan data hasil belajar siswa kelas kontrol berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,0319 < 0,1438) dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,23 < 1,84. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling menggunakan model pembelajaran konvensional cenderung tinggi (23 siswa), (2) Hasil belajar siswa pada pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media flipchart cenderung sangat tinggi (25 siswa), dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan hiasan dinding yang dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,31 > 1,66801 dengan kata lain hipotesa Ha yang berbunyi: “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Hiasan Dinding Teknik Paper Quilling Siswa Kelas IX MTs.Negeri 2 Medan”, diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 017 |
Keywords: | Model Pembelajaran Langsung (direct instruction); Media flipchart; Hasil belajar pembuatan hiasan dinding teknik paper quilling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29801 |