PANGGABEAN, DANIATY (2018) ANALISIS KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KECAMATAN TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331051 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 3133331051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM. 3133331051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 3133331051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 3133331051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 3133331051 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 3133331051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 3133331051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 3133331051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM. 3133331051 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 3133331051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru mata pelajaran geografi dalam menerapkan kurikulum 2013 yang ditinjau dari standar proses dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksaan pembelajaran di SMA Negeri Tarutung; serta penerapan standar penilaian dilihat dari penilaian autentik yaitu, penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan di SMA Negeri Tarutung.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri Tarutung. Berhubung penerapan Kurikulum 2013 baru diterapkan di kelas X maka sampel dalam penelitian adalah 2 guru mata pelajaran geografi yang mengajar kelas X di SMA Negeri Kecamatan Tarutung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analasis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan guru geografi dalam penerapan standar proses mendapatkan skor rata-rata 66,85 yang terdiri dari dari 2 aspek penilaian yaitu aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) rata-rata nilai yang diperoleh oleh guru adalah 66,02 (kurang) dan aspek penilaian proses pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata nilai 65,55 (kurang) sehingga penerapan standar proses termasuk dalam kategori tidak siap. 2) Kesiapan guru geografi dalam penerapan standar penilaian diperoleh nilai untuk penilaian autentik dengan skor 36,27 (sangat tidak siap). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kesiapan Guru Mata Pelajaran Geografi Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri Kecamatan Tarutung”. berdasarkan Standar Proses dikategorikan Tidak Siap dan Standar Penilaian dikategorikan Sangat Tidak Siap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 019 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:18 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29784 |