Azhar, Khoirul (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311008 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6133311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM. 6133311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 6133311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 6133311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 6133311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 6133311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6133311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 6133311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM. 6133311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 6133311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X SMA Prayatna medan tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X SMA yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing bawah bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 63,88% dengan nilai rata-rata 72,91 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 36,11%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II sebanyak 2 kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 80,32 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui model pembelajaran kooperatif tipe jiksaw dapat meningkatkan hasil passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Prayatna Medan tahun ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 051 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:17 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29773 |