Siregar, Zulfikar (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6131111083 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 6131111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
3. NIM 6131111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 6131111083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM 6131111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM 6131111083 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 6131111083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 6131111083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 6131111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 6131111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM 6131111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola (dribbling) dalam permainan bola basket melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII -1 SMP Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 14 siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar menggiring bola (dribbling) bola basket melalui variasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar menggiring(dribbling) diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 14 siswa (46,66%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 70.80. (2) dari tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai rata – rata sebesar (86.6%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 4 orang siswa (13.33%) masih belum tuntas dalam hasil belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 79.16. Sehingga kenaikan nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 8.36 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar menggiring bola (dribbling) dalam permainan bola basket pada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 047 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29759 |