Samosir, Resi Juliandri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI VARIASI DAN MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN SISWA SMPN 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2017 / 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111060 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 6131111060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 6131111060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 6131111060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 6131111060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 6131111060 TABLES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 6131111060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 6131111060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 6131111060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 6131111060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 6131111060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribling bola basket melalui variasi danmodifikasi sarana pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.Peneliian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 laki-laki, 10 perempuan. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil belajar dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang menggunakan lembar portofolio, melalui penerapan variasi dan modifikasi sarana pembelajaran. Setelah itu maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik dasar dribbling bola basket.Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan diperoleh 8 siswa (26,66%) yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan 22 siswa (73,33%) belum mencapai ketuntasan. Hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (46,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,21. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. Hasil dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 85,5. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui variasi dan modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 056 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29742 |