SIAHAAN, jUNI RICARDO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN(PDTB) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5123311016 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 5123311016 APPRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM 5123311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM 5123311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 5123311016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 5123311016 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 5123311016 ILLUSTRACTION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 5123311016 APENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 5123311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
10. NIM 5123311016 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
11. NIM 5123311016 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
12. NIM 5123311016 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM 5123311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM 5123311016 BLIBLLOGRAFI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
15. NIM 5123311016 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Daasar Teknik Bangunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan di smk negeri 1 merdeka berastagi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Tindakan direncanakan dalam dua siklus pembelajaran . Siklus pertama mempelajari macam-macam pekerjaan batu bata. Siklus kedua mempelajari macam-macam ikatan batu bata. Hasil uji coba Tes hasil belajar pada siklus I, dari 25 soal diperoleh 22 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal yang mudah,15 soal yang sedang dan 4 soal yang sulit. Uji daya beda soal 14 soal kategori baik dan 8 soal cukup Uji realiabilitas tes diperoleh 0,90 cukup tinggi. Pada siklus II, dari 25 soal diperoleh 21 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 1 soal yang mudah, 14 soal yang sedang dan 6 soal yang sulit. Uji daya beda soal 9 soal kategori baik dan 11 soal cukup. Uji realiabilitas tes diperoleh 0,87 cukup tinggi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 62,4% yaitu pada siklus I dengan rata-rata 10,00 meningkat menjadi 16,24 pada siklus II. Pada perolehan nilai rata rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,58%, yaitu pada siklus I dengan rata-rata 77 kategori tidak kompeten meningkat menjadi 89 pada Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran pengetahuan dasar teknik bangunan pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 013 |
Keywords: | Cooperative Script, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29713 |