MANULLANG, AMRINA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN 101801 KEDAI DURIAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111004_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1143111004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 1143111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 1143111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM. 1143111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1143111004_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1143111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
14. NIM. 1143111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
15. NIM. 1143111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada materi
kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan sumber daya alam di kelas IV SDN 101801 Kedai Durian T.A 2017?2018.
Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model Word Square. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV D SDN 101801 Kedai Durian T.A 2017/2018 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 13 perempuan dan
16 laki-laki laki. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Word Square. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis
kualitatif. Berdasarkan analisis data, ditemukan dari data pretest diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa (10,35%) dan yang belum tuntas 26 siswa (89,65%) yang
belum tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 46,20 dengan kategori kurang.Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Word Square diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa ( %) dan yang belum tuntas 12
siswa (41,38%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 64,48 dengan kategori kurang. Selanjutnya pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa ( dan yang belum tuntas 4 siswa (13,80%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 80,34 dengan kategori baik. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan dengan sumber daya alam kelas IV SDN 101801 Kedai Durian T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 053 |
Keywords: | Model Pembelajaran Word Suare ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29663 |