Pasaribu, Andriyanti (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ARTISTIK DALAM MENINGKATKAN PERAN GURU BAHASA INGGRIS SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156132056 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8156132056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3. NIM 8156132056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 8156132056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 8156132056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 8156132056 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8156132056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8156132056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8156132056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
13. NIM 8156132056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 8156132056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah supervisi akademik
model artistik yang dapat meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai Agen
Pembelajaran dan melihat bentuk peningkatan peran guru Bahasa Inggris sebagai
agen pembelajaran di SMA Negeri 5 Binjai. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan sekolah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan peran
guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran. Penelitian tindakan ini terdiri dari
empat rangkaian kegiatan yaitu : (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan,
(d) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Tehnik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi peran guru sebagai agen pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1)
Pada tahap prasiklus, 83,3% memiliki skor agen pembelajaran dalam kategori
tidak baik dan 6,67 %memiliki skor agen pembelajaran dalam kategori kurang
baik. (2) Pada tahap siklus I, 66,67% memiliki skor dalam kategori cukup baik
dan 33,33% dalam kategori kurang baik. (3) Pada tahap siklus II 100 % telah
berhasil melampaui pencapaian kriteria ketuntasan 80%. Hasil temuan penelitian
ini menemukan bahwa implementasi supervisi akademik model artistik dapat
meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran dengan
langkah-langkah sebagai berikut : (1) Saat melakukan supervisi akademik model
artistik supervisor tidak punya pretensi apapun. Supervisor menganggap seperti
akan melihat pertunjukan seni.(2) Pengamatan dilakukan oleh supervisor dengan
cermat, teliti, utuh, menyeluruh dan berulang-ulang. (3) Supervisor turut serta
merasakan dan menangkap jiwa dari pembelajaran. (4) Supervisor menyusun hasil
interpretasi dalam bentuk narasi. Hasil interpretasi yang dibuat dalam bentuk
narasi baik tertulis maupun lisan disampaikan kepada guru. (5) Supervisor dan
guru berdiskusi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Implikasi
penelitian ini adalah apabila kita ingin meningkatkan peran guru Bahasa Inggris
sebagai agen pembelajaran maka kita dapat menggunakan supervisi akademik
model artistik dengan langkah-langkah yang telah diuraikan diatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.107 12 Pas i |
Keywords: | Supervisi Akademik, Model Artistik, Peran Guru, Agen Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 01:55 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29654 |