FATHURRAHMAH, NURUL (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL WASHLIYAH SEI BULUH KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPARTEN SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111062_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 1141111062_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1141111062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 1141111062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
6. NIM. 1141111062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1141111062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM. 1141111062_BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM. 1141111062_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1141111062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah
rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikarenakan guru yang
kurang memberikan pembelajaran yang bervariasi khususnya dalam
pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk memperoleh data
penerapan pendekatan saintifik pada pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah
Sei Buluh T.A 2017/2018. 2.Untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada
pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. 3.Untuk
mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas
IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al Washliyah Sei Buluh kecamatan
Teluk Mengkudu. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu pendekatan
saintifik (x) dan prestasi belajar (y). Jenis penelitian berupa eksperimen dengan
desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi
penelitian ini siswa kelas IV yang ada di MIS Al Washliyah Sei Buluh yang
berjumlah 49 siswa. Terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 24 siswa dan kelas
IV-B berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian melalui tes dan observasi. Uji
instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji
reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas
dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis
dengan rumus uji-t.
Hasil penelitian dan analisis data pada uji hipotesis didapat thitung (9.274) >
ttabel (1.678) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pendekatan saintifik bepengaruh dan efektif secara signifikan terhadap
peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Al Washliyah Sei Buluh Tahun
Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 043 |
Keywords: | pendekatan saintifik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Apr 2018 10:44 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29641 |