Dewi, Sintia (2018) NILAI DIDAKTIS PADA TEMBANG DOLANAN ANAK BERBAHASA JAWA DI DESA BANYUMAS KECAMATAN STABAT KABUPATEN LKANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2132210011 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02. NIM 2132210011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (809kB) | Preview
03. NIM 2132210011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
04. NIM 2132210011 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
05. NIM 2132210011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
06. NIM 2132210011 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
07. NIM 2132210011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
08. NIM 2132210011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
09. NIM 2132210011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (814kB) | Preview
13. NIM 2132210011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM 2132210011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Sintia Dewi. NIM. 2132210011. Nilai Didaktis Pada Tembang Dolanan Anak Berbahasa Jawa Di Desa Banyumas Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Medan, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan dan mempertahankan kembali tembang dolanan anak berbahasa Jawa di Desa Banyumas beserta permainannya yang sudah mulai dilupakan dan tidak diketahui oleh anak-anak di desa tersebut. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengenalkan kembali tembang dolanan anak berbahasa Jawa dan permainannya sedangkan mempertahankan tembang dolanan anak berbahasa Jawa adalah dengan cara mencatatkan kembali tembang dolanan yang bersifat lisan kedalam bentuk tulisan di dalam skripsi ini. Pentingnya tembang dolanan beserta permainannya untuk anak-anak dikarenakan nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya mengajarkan anak-anak agar memiliki nilai moral, nilai keagamaan, nilai sosial, dan nilai budaya yang baik. Pada penelitian ini masyarakat Jawa di Desa Banyumas adalah sumber datanya, dan datanya adalah tembang dolanan itu sendiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara di lapangan kepada narasumber. Untuk mengumpulkan data digunakan metode wawancara dan pencatatan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yaitu mengumpulkan, mencatat, menerjemahkan, menganalisis, dan menyimpulkan data. Dari hasil perolehan data dilapangan ditemukan lima tembang dolanan yang menggunakan bahasa Jawa secara keseluruhan, sebagian data tidak digunakan karena bukan tembang dolanan berbahasa Jawa secara keseluruhannya sebab terdapat sebagian bahasa Indonesia. Kelima tembang dolanan pada setiap baitnya mengandung nilai didaktis (pendidikan) yang berbeda-beda dan mengajarkan tentang moral yang baik, kereligiusan, budaya, dan sosial yang dapat diketahui melalui analisis makna pada tembang dolanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 045 |
Keywords: | FOLKLOR;PERMAINAN;TEMBANG DOLANAN;MAKNA;NILAI DIDAKTIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 14:30 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29630 |