Sagala, Ira Yudita (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SD NEGERI NO. 034779 SIDIANGKAT PADA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111027_COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 1143111027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM. 1143111027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM. 1143111027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 1143111027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 1143111027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM. 1143111027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 1143111027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 1143111027_BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM. 1143111027_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 1143111027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Ira Yudita Sagala. NIM: 1143111027. Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPA Melalui Penerapan Model Group Investigation di Kelas V SD Negeri No. 034779 Sidiangkat Pada Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA mengenai sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri No. 034779 Sidiangkat pada Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model Group Investigation di Kelas V SD Negeri No. 034779 Sidiangkat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus 2 x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa atau prasikum yang bertujuan selain untuk mengetahui kreativitas belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangankekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V-B yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan di SD Negeri No 034779 Sidiangkat. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar siswa dan angket kreativitas belajar siswa dengan indikator memiliki rasa ingin tahu yang besar, terbuka terhadap pengalaman baru, suka mencoba, berani mengambil resiko, peka terhadap keindahan dan estetika, percaya diri, tekun dan tidak bosan, memiliki disiplin yang tinggi Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 17 siswa yang kreatif (54,84%) dan 14 siswa yang tidak kreatif (45,16%), siklus I pertemuan 2 diperoleh 21 siswa yang kreatif (67,74%) dan 10 siswa yang tidak kreatif (32,26%), siklus II pertemuan 1 diperoleh 25 siswa yang kreatif (80,65%)dan 6 siswa yang tidak kreatif (19,35%), siklus II pertemuan 2 diperoleh 28 siswa yang kreatif (90,32%) dan 3 siswa yang tidak kreatif (9,68 %). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri No. 034779 Sidiangkat. Oleh karena itu, model Group Investigation dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 029 |
Keywords: | KREATIVITAS BELAJAR; GROUP INVESTIGATION |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 14:29 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29618 |