Hamidah (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TUTORIAL TARI PIRING SUMATERA BARAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156121016 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 8156121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. NIM. 8156121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 8156121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 8156121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM. 8156121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 8156121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 8156121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM. 8156121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM. 8156121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). untuk menghasilkan media
pembelajaran video tutorial seni budaya materi seni tari Piring berdasarkan
kriteria kualitas media pembelajaran yang baik.(2) untuk mengetahui hasil belajar
efektif terhadap media video pembelajaran Tari Piring Sumatera Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain
pembelajaran dari Dick and Carey. Metode penelitian ini terdiri dari dua tahapan,
yang mana pada tahap I merupakan tahap uji coba produk yang terdiri dari: (1)
validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi
ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil,
dan (6) uji coba lapangan terbatas. Adapun Analisi data dalam penelitian
pengembangan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, semua data yang
terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif yang secara
kuantitatif dipisahkan menurut kategori untuk mempertajam penilaian dalam
menarik kesimpulan.
Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi
pelajaran Seni budaya, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media
pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, delapan siswa untuk uji
coba kelompok kecil, dan 38 orang siswa untuk uji coba lapangan terbatas. Datadata
tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan
dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi
berada pada kualifikasi sangat baik (76.26%), (2) uji ahli desain pembelajaran
berada pada kualifikasi sangat baik (85,12%), (3) uji ahli media pembelajaran
berada pada kualifikasi sangat baik (81,80%), (4) uji coba perorangan berada pada
kualifikasi sangat baik (91,00%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada
kualifikasi sangat baik (89,14%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada
kualifikasi sangat baik (93,00%).
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang
menggunakan media sebesar 88,71% lebih tinggi dari pada siswa yang tanpa
menggunakan media sebesar 79,10%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran
yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ham p |
Keywords: | Hasil Belajar, Seni tari, Sumatera Barat, Vedio, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M176 Motion picture music M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 02:54 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29589 |