BR GINTING, SRI DEVI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEI COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 106824 BESAMAT KEC. STM HILIR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311063_COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 1143311063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 1143311063_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143311063_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1143311063_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1143311063_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143311063_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143311063_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1143311063_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1143311063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah pada
pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah hasil belajar
siswa mata pelajaran IPA materi Sumber Energi Alternatif akan meningkat
melalui penggunaan model Pembelajaran Cooperative Script di kelas kelas IV SD
Negeri 106824 Besamat Kec. Stm Hilir semester T.A 2017/2018 . Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus
dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script . Penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 106824 Besamat Kec. Stm Hilir T.A
2017/2018 sebanyak 22 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 106824 Besamat yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 11 orang
laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah tes dan observasi. Tes yang diberkan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan
ganda. Tes yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretes, tes,siklus I dan II
sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil tindakan siklus I dan
II dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative Script pada mata
pelajaran IPA tentang Sumber Energi Alternatif, dari nilai hasil belajar sebelum
tindakan (pretes) dilakukan diberikan tes sebanyak 20 soal terdapat 6 siswa yang
mengalami ketuntasan dengan persentase klasikal 27,73% dan 16 siswa belum
tuntas dengan persentase klasikal 72,77%. Kemudian dilakukan tindakan siklus I
sesudah tindakan diberikan tes sebanyak 10 soal sehingga ketuntasan meningkat
menjadi 12 siswa dengan persentase 54,55% (baik) dan 10 siswa yang belum
tuntas dengan persentase 45,45%. Kemudian dilakukan tindakan siklus II setelah
tindakan diberikan tes sebanyak 10 soal sehingga ketuntasan meningkat menjadi
20 siswa dengan persentase 90% dan 2 siswa belum tuntas. Hasil Observasi pada
proses belajar siswa diperoleh rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,60(Baik)
dan meningkat pada saat siklus II sebesar 82.92 (Baik). Pada hasil observasi
aktivitas guru mengajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75 (Baik) pada siklus II
meningkat dengan rata-rata 90 (Sangat Baik). Dari tindakan siklus I dan II
tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Sumber Energi Alternatif di kelas IV
SD Negeri 106824 Besamat. Guru disarankan dalam pembelajaran dapat
menerapkan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 016 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Cooperative Script, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29580 |