Simbolon, Try Novianty (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 060796 MEDAN AREA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111017_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1142111017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 1142111017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1142111017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1142111017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 1142111017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1142111017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1142111017_BAB I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
13. NIM. 1142111017_BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara
siswa dengan menerapkan model Time Token melalui pembelajaran bahasa
Indonesia di kelas V SD Negeri 060796 Medan Area.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian
ini dilaksanakan di SD Negeri 060796 Medan Area. dengan subjek penelitian
seluruh siswa kelas VA SD Negeri 060796 Medan Area yang berjumlah 21 siswa,
terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini
adalah tindakan sebagai meningkatkan keterampilan berbicara melalui model
Time Token pokok bahasan mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan
model Time Token, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil observasi kemampuan awal peneliti bersama guru kelas V dari
21 orang siswa terdapat 4 siswa yang terampil berbicara dengan persentase
(19,05%) dan 17 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase
(80,95%), dengan nilai rata-rata kelas 52,14. Kemudian pada siklus I pertemuan I
dengan menerapkan model Time Token, terdapat 5 siswa yang terampil berbicara
dengan persentase (23,81%) dan 16 siswa yang belum mampu berbicara dengan
persentase (76,19%), dengan nilai rata-rata kelas 58,38. Selanjutnya pada siklus I
pertemuan II terdapat 12 siswa yang terampil berbicara dengan persentase
(57,14%) dan 9 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase (42,86%),
dengan nilai rata-rata kelas 68,76. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat
14 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (66,66%) dan 7 siswa yang
belum terampil berbicara dengan persentase (33,34%), dengan nilai rata-rata kelas
78,39. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II 19 siswa sudah terampil berbicara
dengan persentase 90,48% dengan rata-rata nilai kelas 87,62. Dari hasil analisis
siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan kemampuan berbicara dengan nilai
rata-rata kelas meningkat 32,1 dari siklus I ke siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Time Token
dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia materi pokok persoalan faktual di kelas V SD Negeri 060796 Medan
Area Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 017 |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Model Pembelajaran Time Token |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29578 |