Lubis, Habibah Hanim (2017) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH TATA RIAS WAJAH KHUSUS PADA JURUSAN PKK PRODI TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran berupa
produk media pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata
kuliah rias wajah khusus dan untuk mengetahui efektivitas pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian
dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan pada
Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Dalam penelitian
ini yang menjadi objek penelitian adalah mata kuliah rias wajah khusus pada
kompetensi koreksi wajah yang di desain menggunakan media pembelajaran CS8
berbasis Project Base Learning. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester
VI Prodi tata rias. Subjek analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen Pendidikan
tata rias. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok
kecil, uji coba kelompok sedang, uji coba kelompok besar, dilanjutkan dengan
efektivitas dosen dan mahasiswa. Data tentang kualitas produk pengembangan
dikumpulkan dengant angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan
teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mahasiswa menyatakan (86,6%)
membutuhkan media CS8, (2) Dosen menyatakan (88%) membutuhkan media
pembelajaran CS8, (3) Uji ahli materi rias wajah khusus berada pada kualifikasi
sangat baik (86,4%), (4) Uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi
sangat baik (80,7%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sedang
(78,1%), (6) Uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (81%), (7)
Uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (8) Uji
efektivitas mahasiswa pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (9) Uji efektivitas
dosen pada kualifikasi sangat baik (84,5%). Ini membuktikan tingkat keefektifan
media pembelajaran CS 8 pada mata kuliah Rias Wajah Khusus layak untuk
diproduksi sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran CS8, Rias Wajah Khusus,
Mahasiswa Pendidikan Tata Rias
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Lub p |
Keywords: | Media Pembelajaran ; tata Rias, Adobe Flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 09:17 |
Last Modified: | 03 Apr 2018 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29562 |