Rahmania, Sri (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156141014 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM 8156141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM 8156141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 8156141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 8156141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 8156141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM 8156141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 8156141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM 8156141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM 8156141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 8156141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia terintegrasi
nilai spiritual untuk kelas XI SMA/MA Semester Genap. Penelitian ini merupakan
gabungan dari penelitian pengembangan eksperimen (Research and Development)
dimana data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Populasi
penelitian adalah buku ajar kimia SMA/MA kelas XI yang menjadi pegangan
siswa dan semua siswa SMA/MA Kelas XI (jurusan IPA). Instrumen penelitian
berupa angket BSNP, instrumen nilai spiritual, tes objektif, angket penilaian diri
dan observasi nilai spiritual. Prosedur penelitian terdiri dari studi empiris,
rancangan, validasi dan implementasi. Penelitian ini melibatkan 2 orang dosen
kimia ahli dan 20 orang guru kimia sebagai validator bahan ajar yang
dikembangkan. Teknik analisa data menggunakan uji Independent Sample T-test,
Correlation dan Regression Linear pada program SPSS 19 For Windows dengan
taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk/model penanaman
nilai spiritual pada bahan ajar kimia pegangan siswa di sekolah berupa
pengungkapan hikmah atau pesan moral dari konsep/fakta maupun contoh kimia
dalam kehidupan sehari-hari. (2) berdasarkan hasil analisis dengan angket BSNP,
bahan ajar kimia yang dikembangkan telah layak dengan deskripsi berdasarkan
aspek isi diperoleh sebesar 3.67 yang berarti valid, aspek bahasa sebesar 3.66
yang berarti valid, aspek penyajian sebesar 3.53 yang berarti valid dan aspek
kegrafikan sebesar 3.65 yang berarti valid (3) terdapat perbedaan hasil belajar
antara siswa yang menggunakan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (kelas
eksperimen 2) dengan siswa yang menggunakan buku pegangan siswa di sekolah
(kelas eksperimen 1) yaitu pada kelas eksperimen 1 sebesar 68% dan pada kelas
eksperimen 2 sebesar 74%, (4) terdapat perbedaan peningkatan nilai spiritual
antara siswa yang menggunakan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (kelas
eksperimen 2) dengan siswa yang menggunakan buku pegangan siswa di sekolah
(kelas eksperimen 1) yaitu pada kelas eksperimen 1 sebesar 47% dan pada kelas
eksperimen 2 sebesar 79%. (5) terdapat hubungan antara nilai spiritual terhadap
peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar kimia telah
dikembangkan sebesar 29.8%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Rah p |
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Nilai Spiritual, Larutan Penyangga, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 09:29 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29533 |