IMPLEMENTASI BANDE DESSINEE DALAM PENGAJARAN BAHASA PRANCIS

Eviyanti, Evi (2014) IMPLEMENTASI BANDE DESSINEE DALAM PENGAJARAN BAHASA PRANCIS. In: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Implementasi Kurikulum 2013, 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengajaran bahasa Prancis berbasis teks sesuai dengan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA/SMK/MA. Teks dalam pengajaran bahasa dapat berbentuk teks lisan atau teks tulis. Bande dessinee atau kornik merupakan salah satu bentuk teks tulis disajikan dalam bentuk gambar dan teks yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Prancis di SMA. Bande dessinee dapat disajikan dengan teks atau tanpa teks. Pengajaran bahasa Prancis dengan menggunakan bande dessinee dapat memotivasi siswa untuk mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa asing di Indonesia. Pengajaran bahasa Prancis meliputi empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara terintegrasi di SMA atau SMK. Bande dessinee disajikan dengan gambar dan warna yang menarik dalam satu konteks cerita misalnya tokoh kartun petualangan Tin Tin, Asterix dan Obelix. Penampilan bande dessinee yang menarik dan menyenangkan siswa dapat membantu mereka untuk menggunakan bahasa Prancis di kelas. Pengajaran bahasa Prancis dengan menggunakan bande dessinie, selain dapat memotivasi siswa dalam empat keterampilan berbahasa (berbicara, menulis, menyimak, membaca) juga dapat mempelajari budaya negara Prancis. Sehingga siswa dapat mempelajari bahasa dan budaya Prancis secara bersamaan melalui bande dessinee.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Teks; Pengajaran; Bahasa Prancis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Mar 2018 09:31
Last Modified: 14 Mar 2018 09:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29518

Actions (login required)

View Item
View Item