Insani, Syafriana (2017) PENGARUH KEGIATAN KOLASE DENGAN AMPAS KELAPA BERWARNA TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA I BINJAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
02 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
04 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
12 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13 NIM 1133113031 SYAFRIANA INSANI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak yang sering bergantung
pada apa yang di contohkan oleh guru, sehingga anak cenderung pasif. Penelitian
ini bertujuan agar anak di TK Negeri Pembina I Kota Binjai lebih kreatif.
Jenis penelitan ini adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh anak di TK Negeri Pembina I kota Binjai, yang berjumlah 2 kelas yaitu
B1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 40 dan 33 anak. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan kelas B1 sebagai kelas
kontrol dengan teknik random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian adalah observasi terstruktur dan analisis data
yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan uji t dengan
taraf nyata α = 0,05.
Dalam penelitian ini variabel yang dikembangkan ialah variabel terikat
berupa perkembangan kreativitas indikator yang diamati yaitu menghasilkan ide
baru dan memecahkan masalah. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini
ialah kegiatan kolase dengan ampas berwarna indikator yang diamati yaitu karya
seni dan teknik menempel.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas
eksperimen 10,775 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 9, sehingga
perkembangan kreativitas anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori
tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 5,818 dengan nilai tertinggi 7
dan nilai terendah 4 sehingga perkembangan kreativitas anak pada kelas kontrol
tergolong dalam kategori cukup. Dari hasil Uji normalitas kelas eksperimen
diperoleh Lhitung < Ltebel yaitu 0,183 < 0,886, dan kelas kontrol Lhitung < Ltebel yaitu
0,1364 < 0,886. Dari pengujian homogenitas diperoleh Fhitung = 1,045 dan Ftabel =
1,805. Kemudian dari uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 19,592 > 1,673. Maka
hipotesis Ho ditolah dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa “Kegiatan
kolase dengan ampas kelapa berpengaruh terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun
di TK Negeri Pembina I Kota Binjai”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 002 |
Keywords: | Media; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 09:48 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29497 |