Sibarani, Poltak Parulian (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BALIGE KAB. TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111054 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 6131111054 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 6131111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6131111054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 6131111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 6131111054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 6131111054 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM. 6131111054 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 6131111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13. NIM. 6131111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 6131111054 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balige melalui metode inkuiri. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balige, Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI AV 3 sebanyak 31 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing permainan sepak bola, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing permainan sepak bola dengan menggunakan lembar portofolio.
Dengan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing permainan sepak bola siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 10 siswa (32%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 61.55. Ketuntasan belajar siswa pada pos-tes siklus I mencapai 15 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar (51.61%) dengan nilai rata-rata 70.96. Dan ketuntasan belajar siswa pada post test siklus II mencapai 27 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar (90.32%) dengan rata-rata nilai 78.73, kenaikan persentase siklus I ke siklus II yaitu sebesar (38.71%) dan kenaikan rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 7.77. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam passing permainan sepakbola melalui metode inkuiri di kelas XI SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2017/2018.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 061 |
Keywords: | Passing, Sepakbola, Metode Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 09:48 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29496 |