RUGIAN, AGNES NOVYTASARI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KESIAPAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA LUSIA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132113001_COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM. 1132113001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 1132113001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM. 1132113001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 1132113001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 1132113001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 1132113001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1132113001_BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
12. NIM. 1132113001_BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 1132113001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesiapan membaca anak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kesiapan membaca anak usia 5-6 tahun di TK SANTA LUSIA Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yakni Pre Exsperimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi. Populasi penelitian seluruh anak TK B Santa Lusia yang berjumlah 155 anak dan sampel berjumlah 20 orang yang ditentukan dengan teknik random. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel TK Getsemani yang terdiri dari 20 anak karena di kelas TK Getsemani adalah anak-anak dari TK A. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi dengan instrument panduan observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan uji-t untuk menguji Hipotesis. Hasil analisis menunjukkan (posttest) yang memakai media audio visual
lebih baik/tinggi di bandingkan sebelum menggunakan media audio visual. Skor tertinggi pada data posttest 18 sedangkan pretest 13. Rata-rata data posttest 15,85
untuk data pretest 8,60. Berdasarkan hasil tersebut menyatakan bahwa media audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan membaca yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh = 74 > = 1,725. Hal ini
menunjukkan pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap kesiapan membaca anak usia 5-6 tahun T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 005 |
Keywords: | KESIAPAN MEMBACA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 15:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29474 |