SITUNGKIR, LISNA LELIYANTI (2018) PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SIANJUR MULAMULA KEC. SIANJUR MULAMULA KAB. SAMOSIR KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133111027 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 3133111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 3133111027 PEDOMAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4. NIM. 3133111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 3133111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 3133111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM. 3133111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. NIM. 3133111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
12. NIM. 3133111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 3133111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Sianjur Mulamula Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sianjur Mulamula yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 197 siswa. Dan yang menjadi sampel adalah 15% dari jumlah pupulasi yaitu 30 orang siswa kelas XI yang di ambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasakan hasil penelitian dan pembahasan, peran guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sudah tergolong baik/tinggi yang dapat dilihat dari rata-rata persentase jawaban responden dengan jawaban selalu yaitu 57,33 %. Hal ini menunjukkan bahwa guru PKn sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA N 1 Sianjur Mulamula Tahun Pembelajaran 2017/2018. Yang dapat dilihat dari upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan sikap disiplin dalam diri siswa dimana persentase jawaban yang mengatakan bahwa guru selalu mengarahkan siswa agar mematuhi peraturan yang ada disekolah yaitu 93,33 %, dengan mengarahkan siswa agar mematuhi peraturan sekolah, maka guru telah berperan aktif dalam meningkatkan sikap yang disiplin pada siswa dan akan menghasilkan perubahan yang baik pada siswa yang mematuhi aturan, misalnya datang tepat waktu kesekolah, berpakain rapi, mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan, tidak ribut ketika pembelajaran dikelas. Guru juga menegur dan memberi nasehat kepada siswa yang masih melanggar aturan dan memberiakan sanksi bila perlu agar kesalahan yang sama tidak lagi terulang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 010 |
Keywords: | - |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 15:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29471 |