IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Halimatussakdiah and Nurmayani and Perangin-angin, Laurensia Masri (2015) IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Project Report. PGSD FIP Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil identifikasi pada 2014 (Januari s.d April) terhadap 38 orang guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan permasalahan sebagai berikut : (1) Guru belum menyusun silabus dan RPP sendiri, dokumen yang ada adalah hasil perumusan di MGMP atau mengadopsi langsung model silabus dan RPP yang diterbitkan oleh PUSKUR; (2) Guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal, tetapi hanya 40% guru yang melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dimiliki; (3) Buku yang digunakan guru sebagai literatur pembelajaran terbatas pada buku pegangan belajar siswa; (4) Guru enggan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas (misalnya belum menerapkan pendekatan, model, metode, strategi, dan belum memodifikasi media pembelajaran. (5) Penilaian yang dilakukan guru masih terbatas pada objektif tes, belum tersedia penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian dan portofolio; (6) Kegiatan remedial belum dilakukan berdasarkan diagnosis permasalah belajar siswa, dan guru juga tidak melakukan program pengayaan; (7) Guru tidak memiliki karya ilmiah dan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) karena guru kurang memiliki pemahaman konkret bagaimana merancang karya ilmiah dan PTK. Sehingga jarang sekali ada publikasi ilmiah di sekolah tersebut.
Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan melalui kegiatan kolektif profesi guru (KKG/MGMP) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKB ini adalah sebagai berikut : (1) Adanya video perbaikan pembelajaran guru di kelas, (2) Adanya produk berupa laporan penelitian tindakan kelas dan jurnal ilmiah.
Mekanisme kegiatan pendampingan PKB ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d November 2015 di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.
Selanjutnya, hasil capaian indikator kinerja yaitu: Ada kemauan guru dalam perbaikan praktik pembelajaran di kelas berdasarkan evaluasi video pembelajarannya (60%), sudah ada guru yang menyelesaikan PTK (40%) dan sudah ada judul artikel ilmiah guru yang terbit pada School Education Journal Prodi PGSD Vol.3 No.2 Juni 2015 (40%). Pendampingan (dilakukan dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan PTK) dapat meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Deveplopment) bagi guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Guru; Pendampingan; Profesionalisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Mar 2018 09:01
Last Modified: 08 Mar 2018 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item
View Item