Hasibuan, Afifah Zahrah Okktaviani (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171002 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8156171002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (987kB) | Preview
3. NIM A8156171002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 8156171002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
5. NIM 8156171002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 8156171002 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 8156171002 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM 8156171002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156171002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM 8156171002 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pengembangan
bahan ajar matematika berbasis media komik terhadap peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Perbaungan, (2) peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Perbaungan
dengan menggunakan bahan ajar matematika berbasis media komik, (3)
peningkatan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 1 Perbaungan dengan
menggunakan bahan ajar matematika berbasis media komik, (4) respon siswa
terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika
berbasis media komik. Peneliti mengembangkan bahan ajar matematika berbasis
media komik dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Validasi
buku siswa yang dilakukan oleh tiga orang ahli dan dua orang praktisi
memperoleh nilai rata-rata total validitas adalah 4,42 dengan kriteria valid. Bahan
ajar matematika berbasis media komik dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah dan kemandiriaan belajar siswa SMP Negeri 1 Perbaungan
yang dikembangkan adalah efektif. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan
masalah matematis pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu sebesar 0,44.
Berdasarkan hasil angket kemandirian belajar siswa pada uji coba I dan uji coba II
diperoleh bahwa adanya peningkatan setiap aspek kemandirian belajar siswa
yaitu dengan rata-rata 0,29. Berdasarkan angket respon siswa terhadap proses
pembelajaran dan pengembangan bahan ajar matematika pada uji coba I dan uji
coba II diperoleh peningkatan repon positif untuk setiap aspek, mencapai kriteria
yang telah ditentukan, yaitu ≥ 80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Has p |
Keywords: | Pengembangan , Bahan Ajar Matematika, Media Komik, Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 02:15 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29395 |