Ritonga, Siti Rahmi (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS X SMA SWAST A IMELDA ME DAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171026 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8156171026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156171026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8156171026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 8156171026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 8156171026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 8156171026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM 8156171026 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156171026 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM 8156171026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk memperoleh
pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan CTL untuk meningatkan
kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Secara khusus bertujuan
untuk: 1) Mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran
menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis dan self-efficacy siswa dengan total skor 4,26 berdasarkan kriteria
kevalidan maka dapat dikatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan
“valid” ; 2) Mengetahui kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran
menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis dan self-efficacy siswa dengan total skor pada aspek keterlaksanaan
(respon guru menggunakan perangkat pembelajaran) yaitu 4,01 atau sesuai
kriteria kepraktisan yaitu “praktis” dan pada aspek keterbacaan (respon siswa)
yaitu 94,31% berdasarkan kriteria kepraktisan lebih dari 80% siswa merespon
positif “praktis”; 3) Mengetahui keefektifan pengembangan perangkat
pembelajaran menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis dan self-efficacy siswa yaitu (a) Ketuntasan tes kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa pada uji coba I total skor yaitu 76,4 dengan
kriteria keefektifan minimal 75% belum memenuhi atau “belum efektif”
sedangkan pada uji coba II total skor yaitu 97,25 “efektif”; (b) Guru mengelola
pembelajaran mencapai skor yaitu 2,95 termasuk ke dalam kategori “kurang baik
dan belum efektif” dan pada uji coba II mencapai skor 3,35 termasuk ke dalam
kategori “baik dan efektif”; (c) waktu yang digunakan pada saat pembelajaran
adalah sama. 4) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa pada uji coba I diperoleh N-gain yaitu 0,49 sesuai dengan
kriteria peningkatan yaitu sedang dan pada uji coba II diperoleh N-gain yaitu 0,85
sesuai kategori peningkatan adalah tinggi. (5) Mengetahui peningkatan selfefficacy
siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran menggunakan
ctl diperoleh rata-rata skor pada uji coba I yaitu 3,04 sesuai dengan kriteria yaitu
termasuk pada kategori dan nilai realibilitas yang telah ditentukan termasuk tinggi
dan pada uji coba II rata-rata skor self-efficacy siswa yaitu 3,47 yang berarti siswa
terjadi peningkatan self-efficacy pada siswa. Jenis penelitian ini adalah
pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model 4-D.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.871 2 Rit p |
Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, CTL, Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 08:37 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29392 |