MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PELAJARAN IPS

Sari, Malda (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PELAJARAN IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan Koperasi dengan menggunakan metode Role Playing Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 026609 Binjai Selatan yang berjumlah 35 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi. Dari hasil temuan penelitian pada hasil test awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar di bawah 70%, yaitu 25 siswa (71,43%). Pada siklus I terdapat 15 orang siswa (42,86%) yang belum tuntas dan sebanyak 20 orang (57,14%) yang telah tuntas dengan rata-rata kelas 67,95. Pada siklus II sebanyak 30 orang siswa (85.71%) yang telah tuntas dalam belajar dan
terdapat 5 orang siswa (14.29%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 73.52.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Role playing; Metode belajar; Hasil belajar; Ilmu sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:06
Last Modified: 01 Mar 2018 06:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item
View Item