Nainggolan, Isman Kornelius (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA HARAPAN MEKAR 2 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141061 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7123141061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM 7123141061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM 7123141061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 7123141061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 7123141061 TABLE.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM 7123141061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM 7123141061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (0B)
9. NIM 7123141061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM 7123141061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM 7123141061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Isman Kornelius Nainggolan, Nim 7123141061, Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI
AP SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P. 2017/2018”. Skripsi Jurusan
Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan 2017.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 yang beralamat di jalan Marelan Raya No. 77 Medan Marelan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, yang berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling yang masing-masing berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk pre-test dan post-test adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Homogenitas, uji Normalitas dan Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) ( rata-rata = 78,43 dan SD = 9,87 ) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional (rata-rata 73,59 dan SD = 9,35). Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan ddengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan 95 %, diperoleh t hitung = 2,016 sedangkan t tabel = 1,67 sehingga t hitung> t tabel yaitu 2,016 > 1,67. hasil ini menunjukkan bahwa Hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI AP SMK Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 03:12 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29326 |