HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KOTA BINJAI

Nasution, Muhammad Husni Thamrin (2010) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500035020170 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500035020170 abstrak.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 1500035020170 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500035020170 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500035020170 bab I.pdf]
Preview
Text
1500035020170 bab I.pdf - Published Version

Download (853kB) | Preview
[thumbnail of 1500035020170 bab V.pdf]
Preview
Text
1500035020170 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Populasi penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 6, 9 dan 11 di Kota Binjai sebanyak 692 twang, sebanyak 80 orang dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampeI acak proporsional (proportional random sampling). Data basil belajar diperoleh melalui tes objektif; sedangkan untuk kemampuan berfikir logis, kebiasaan belajar dan persepsi terhadap matematika diperoleh dengan menggunakan angket. Sabel= alat pengurnpulan data digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui validitas angket dan tes hasil belajar digunakan minus Korelasi Product Moment dengan kriteria valid jika haw.% > na,c1 pada taraf signifikansi 0,05. Untuk mengetahui reliabilitas angket digunakan minus Point Biserial dengan kriteria n,itung rtabci, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas tes basil belajar digunakan rumus KR-20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (pertama) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kernampuan berfikir logis dengan basil belajar Matematika dengan persamaan regresi Y = -0,938 + 0,259 X1. Koefisien korelasi 0,813 dan koefisien determinasi 0,661 yang berarti bahwa kontribusi kemampuan berfikir logis terhadap basil belajar Matematika sebesar 66,1%; (kedua) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Matematika dengan persamaan regresi Y — 4,804 + 0,207 X2 Koefisien korelasi 0,798 dan koetisien determinasi 0,638 yang berarti bahwa kontribusi kebiasaan belajar terhadap basil belajar Matematika sebesar 63,8%; (ketiga) terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap matematika dengan hash! belajar Matematika dengan persamaan regresi Y -- -1,324 + 0,239 X3 Koefisien korelasi 0,828 dan koefisien determinasi 0,685 yang berarti bahwa kontribusi persepsi terhadap matematika terhadap basil belajar Matematika sebesar 68,5%;dan (keempat) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berfikir logis, kebiasaan belajar, persepsi terhadap matematika dan hasil belajar Matematika dengan persamaan regresi ganda Y = 20,414 + 0,160 XI + 0,105 X2 + 0,077 X3, Koefisien korelasi ganda 0,977 dan koefisien determinasi 0,954 yang berarti bahwa kontribusi kemampuan berfikir logis, kebiasaan belajar dan persepsi terhadap matematika secara bersarna-sama terhadap basil belajar Matematika sebesar 95,4%.Berdasarkan basil penelitian ini dapat disirnpulkan bahwa kernampuan berfikir logis, kebiasaan belajar dan persepsi cukup signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 6, 9 dan 11 di Kota Binjai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Nas h
Keywords: Belajar;Siswa;Matematika;Junior High Schools;Logika;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 19:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item
View Item