Martaida, Tota (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 5 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156176038 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 8156176038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM 8156176038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 8156176038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 8156176038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8156176038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8156176038 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8156176038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 8156176038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
13. NIM 8156176038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 8156176038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa SMP Negeri 5 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dengan rancangan postestest pretest dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kisaran, semester pertama tahun akademik 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran penemuan dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemikiran kritis dan kemampuan berpikir kognitif dalam bentuk esai masing-masing dari 5 pertanyaan yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,10 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel berubah menjadi ttabel, ini berarti kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis kedua diperoleh t hitung = 2,21 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel berubah thitung> ttabel, ini berarti kemampuan kognitif siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery lebih baik daripada kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mar e |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pembelajaran Discovery |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 07:36 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29286 |