LUBIS, ASNILA KHAIRUNNISA (2017) ANALISIS DAN PELAKSANAAN RPP GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI SEKABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174005 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 8146174005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 8146174005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8146174005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM. 8146174005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8146174005 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8146174005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8146174005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146174005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
14. NIM. 8146174005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM. 8146174005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Komponen-komponen RPP biologi; (2) Pelaksanaan RPP pada kegiatan belajar di kelas; dan (3) Faktor apa saja yang mendukung kemampuan guru dalam menyusun RPP yang dimiliki pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitaf dengan sampel penelitian sebanyak 20 orang guru biologi yang berasal dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Mandailingnatal. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian dokumen RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menganalisis RPP guru biologi terlebih dahulu, lalu mengamati pelaksanaan dari RPP yang telah dianalisis dan yang terakhir melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal pada materi sistem reproduksi tahun ajaran 2015/2016 tergolong kriteria terencana dengan cukup baik dengan persentase 77%; (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal pada materi sistem reproduksi tahuna ajaran 2015/2016 secara umum tergolong kriteria tidak terlaksana dengan baik dengan persentase 62%.; dan (3) Masih terdapat ketidaksesuaian antara perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru biologi SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal dengan proses pelaksaaan pembelajaran di dalam kelas pada materi sistem reproduksi tahun ajaran 2015/2016. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik, sistematis dan operasional dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, mencantumkan instrumen evaluasi yang lebih sesuai dan lebih aktif dalam kerjasama dengan kelompok MGMP untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Rencana Pembelajaran;Sistem Reproduksi;Pelaksanaan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 09:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29241 |