GAOL, PIDELYS LUMBAN (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (NIM. 2133311046) COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. (NIM. 2133311046) PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
3. (NIM. 2133311046) ABSTRAKK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. (NIM. 2133311046) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. (NIM. 2133311046) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. (NIM. 2133311046) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. (NIM. 2133311046) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. (NIM. 2133311046) BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa indonesia kelas VII dan siswa kelas VII dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa sudah memenuhi 10 langkah model pembelajaran dari 13 langkah model pembelajaran berbasis masalah discovery learning dengan persentase 70%. Kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup. Kemampuan siswa menulis deskripsi. Berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77,68 dan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,35.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 038 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 09:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29239 |