ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

GAOL, PIDELYS LUMBAN (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. (NIM. 2133311046) COVER.pdf]
Preview
Text
1. (NIM. 2133311046) COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. (NIM. 2133311046)  PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
2. (NIM. 2133311046) PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 3. (NIM. 2133311046)  ABSTRAKK.pdf]
Preview
Text
3. (NIM. 2133311046) ABSTRAKK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. (NIM. 2133311046)  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. (NIM. 2133311046) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. (NIM. 2133311046)  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. (NIM. 2133311046) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. (NIM. 2133311046)  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. (NIM. 2133311046) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. (NIM. 2133311046)  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. (NIM. 2133311046) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 8.   (NIM. 2133311046) BAB I.pdf]
Preview
Text
8. (NIM. 2133311046) BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa indonesia kelas VII dan siswa kelas VII dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa sudah memenuhi 10 langkah model pembelajaran dari 13 langkah model pembelajaran berbasis masalah discovery learning dengan persentase 70%. Kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup. Kemampuan siswa menulis deskripsi. Berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77,68 dan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,35.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 038
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:09
Last Modified: 05 Mar 2019 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29239

Actions (login required)

View Item
View Item