UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA METHODIST- 8 MEDAN

Nainggolan, Popi Indrayani and Surbakti, Sabar (2014) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA METHODIST- 8 MEDAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20 (76). ISSN 0852-2715

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Kewajiban pokok seorang guru adalah mengajar, bagaimana supaya memperoleh hasil pembelajaran yang baik maka seorang guru harus mampu menggunakan dan menyesuaikan gaya mengajar dengan materi, keadaan siswa, situasi dan kondisi kelas agar terjadi susana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan gaya mengajar komando dalam menuntaskan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dribbling bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Luar Pada Permainan Sepak Bola Pada Siswa kelas X SMA Swasta Methodist-8 Medan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan siklus I dan siklus II. Populasi penelitaian adalah siswa SMA Swasta Methodist-8 yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang diperoleh dengan teknnik purposif sampling. Sampel tersebut kemudian diberikan pembelajaran dengan gaya komando sesuai tahapan pada siklus yang telah dirancang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen test berdasarkan lembar kertas potofolio kemampuan dribbling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Melalui penerapan model mengajar gaya komando dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling kaki bagian luar pada siswa kelas X-1 SMA Swasta Methodist-8 Medan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan yang meningkat pada setiap siklus. Pada pra siklus dketahui hanya 20% (6 orang) siswa pada kategori tuntas dan 80% (24 orang) siswa pada kategori tidak tuntas. Salanjutnya pada siklus I sebanyak 16 orang atau 53,33% siswa telah tuntas dan 14 orang atau 46,67% belum tuntas. Dilanjutkan pada siklus ke II terdapat 24 orang atau 86,67% siswa pada kategori tuntas dan 4 orang
atau 13,33% pada kategori tidak tuntas dari seluruh jumlah siswa sebanyak 30 orang. Ketuntasan belajar mangalami peningkatan rata-rata sebesar 33,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya mengajar komando dapat meningkatkan hasil belajar dribbling kaki bagian luar dalam permainan sepak bola pada siswa kelas X SMA Swasta Methodis-8.

Item Type: Article
Keywords: Metode belajar; Gaya mengajar komando; Hasil belajar; Sepak bola; Dribbling
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:37
Last Modified: 30 Jan 2018 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29219

Actions (login required)

View Item
View Item