TINAMBUNAN, NICO H. (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKBB SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113111029 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 5113111029 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. 5113111029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. 5113111029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. 5113111029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. 5113111029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB)
7. 5113111029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. 5113111029 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
12. 5113111029 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. 5113111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu bangunan gedung di SMK Negeri 2 Pematangsiantar.,Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2017/2018, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan sampel total. Pada uji instrument yang dilakukan, dari 35 soal yang disebarkan didapat soal yang valid sebanyak 29 soal, dan 6 soal yang tidak valid dengan indeks kesukaran sedang, daya beda soal sebanyak 6 soal kategori sangat baik dan 23 kategori baik dan reabilitas sangat tinggi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembelajaran project based learning memberi pengaruh berbeda terhadap aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t, dimana thitung > ttabel, yakni 2,34>2,03. Demikian juga denganhasil belajar siswa. Model pembelajaran project based learning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini di buktikan dari hasil uji t, dimana thitung > ttabel, dimana thitung=2,34 > ttabel =2,03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran Project Based Learning memberi pengaruh berbeda secara signifikan terhadap aktivitas siswa. Dan model pembelajaran project based learning memberi pengaruh berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian TKBB SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 016 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING, AKTIVITAS SISWA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 10:40 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29202 |