NAPITUPULU, RIZKY ARYANTO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
5113111035 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5113111035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5113111035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5113111035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5113111035 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5113111035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5113111035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5113111035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5113111035 BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
5113111035 BAB V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5113111035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mekanika Teknik siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar melalui model pembelajaran Kooperatif tipe CORE. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 20172018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Kota Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah sebanyak 20 siswa. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklus.
Dari data hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada siklus I
pertemuan I, siswa yang mendapat nilai dalam kategori sangat aktif tidak ada, dalam kategori aktif sebanyak 5 siswa, dalam kategori cukup aktif sebanyak 5
siswa, dan dalam kategori tidak aktif sebanyak 10 siswa, meningkat pada pertemuan II menjadi 9 siswa dalam kategori aktif, 11 siswa cukup aktif dan tidak
ada siswa yang tidak aktif. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dimana pada pertemuan I yang mendapat nilai kategori sangat aktif sebanyak 4 siswa, kategori aktif sebanyak 10 siswa, kategori cukup aktif sebanyak 6 siswa, dan tidak aktif tidak ada. Kemudian meningkat kembali pada pertemuan II menjadi 7 siswa dalam kategori sangat aktif, 11 siswa dalam kategori aktif, 2 siswa dalam kategori cukup aktif, dan tidak ada siswa yang tidak aktif.
Dari data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hai ini dapat dilihat pada siklus I yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten 5 siswa, kategori kompeten sebanyak 7 siswa, kategori cukup kompeten sebanyak 1 siswa (5%) dan kategori tidak
kompeten sebanyak 7 siswa. Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten sebanyak 7 siswa, kategori kompeten sebanyak 11 siswa, kategori cukup kompeten sebanyak 1 siswa, dan kategori tidak kompeten sebanyak 1 siswa.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe CORE dapat: 1) Meningkatkan aktivitas belajar Mekanika Teknik siswa kelas
XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar, 2) Meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 015 |
Keywords: | MODEL KOOPERATIF TIPE CORE, AKTIVITAS SISWA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 27 Jan 2018 10:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29177 |