Hasibuan, Febri Majidah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121007 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4132121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 4132121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4132121007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 4132121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM 4132121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4132121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4132121007 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4132121007 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. NIM 4132121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
![[thumbnail of 11. NIM 4132121007 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4132121007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 4132121007 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4132121007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4132121007 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4132121007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (493kB)
14. NIM 4132121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
![[thumbnail of 15. NIM 4132121007 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4132121007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah quasie ksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-TKR sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan beda (uji t). Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,72 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 38,84. Diperoleh nilai rata-rata postest kelas kontrol 68,64 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 75,6. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data
postest diperoleh bahwa thitung = 2,15 dan ttabel = 2,01, sehingga thitung > ttabel (2,15>2.01) maka Ha diterima yakni ada pengeruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P. 2017/2018 atau hasil belajar fisika siswa dengan dengan menerapkan model berbasis masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 047 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29096 |