PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018

Hasibuan, Febri Majidah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121007 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121007 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121007 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121007 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121007 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4132121007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4132121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4132121007 CHAPTER II.pdf] Text
11. NIM 4132121007 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 4132121007 CHAPTER III.pdf] Text
12. NIM 4132121007 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of 13. NIM 4132121007 CHAPTER IV.pdf] Text
13. NIM 4132121007 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of 14. NIM 4132121007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4132121007 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4132121007 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah quasie ksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-TKR sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji hipotesis menggunakan beda (uji t). Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 32,72 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 38,84. Diperoleh nilai rata-rata postest kelas kontrol 68,64 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 75,6. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data
postest diperoleh bahwa thitung = 2,15 dan ttabel = 2,01, sehingga thitung > ttabel (2,15>2.01) maka Ha diterima yakni ada pengeruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X semester I SMK Yapim Taruna Batang Kuis T.P. 2017/2018 atau hasil belajar fisika siswa dengan dengan menerapkan model berbasis masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 047
Keywords: Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:50
Last Modified: 21 Aug 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item
View Item