TONDANG, SUMARSISKA HERTATI (2017) "HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN, T.P 2017/2018". Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141115 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 7131141115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 7131141115 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 7131141115 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 7131141115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 7131141115 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7131141115 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7131141115 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7131141115 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM. 7131141115 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM. 7131141115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penerapan disiplin belajar di sekolah, kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya prestasi belajar kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI SMK BM Sinar Husni Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan Jalan veteran gang utama pasar V Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa –siswi kelas XI PK SMK BM Sinar Husni Helvetia yang berjumlah 144 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil mengunakan teknik Simple Random Sampling atau acak sederhana, yaitu 50% dari 144 siswa kelas XI yaitu sebanyak 73 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dan korelasi berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji-t) ,secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analis uji t diperoleh hasil bahwa variabel disiplin belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar kearsipan dengan thitung>ttabel (4,371 > 1,667), variabel minat belajar juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar kearsipan dengan thitung>ttabel (3,681 > 1,667). Untuk pengujian koefisen secara simultan digunakan uji F yang memberikan hasil bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar kearsipan dengan nilai Fhitung> Ftabel (10,943 > 3,13). Dan koefisien determinasi (R2) Sebesar 0,238 atau sebesar 23,8%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel disiplin belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar kearsipan adalah 23,8%. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar kearsipan siswa kelas XI SMK BM Sinar Husni Medan T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 002 |
Keywords: | Learning Dicipline;Interest Learning;Achievement Learning Filing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29082 |