Hasibuan, Tasya Zulaikha (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP ANGKASA LANUD SOEWONDO TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111074 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 6131111074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 6131111074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 6131111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 6131111074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 6131111074 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 6131111074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6131111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 6131111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 6131111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 6131111074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprintpada siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Soewondo Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Angkasa Lanud Soewondo dengan jumlah siswa 23 orang, terdiri dari 10 orang siswa putra dan 13 orang siswa putri. Berdasarkan data awal hasil belajar keterampilan lari sprint 5 siswa telah tuntas (21,7%) dan 18 siswa tidak tuntas (78,3%) dengan nilai rata-rata 64,35%. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran lari sprint melalui penerapan media pembelajaran, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (70). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,5). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran lari sprintmelalui penerapan media pembelajaran, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (90). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan lari sprintmaka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari data hasil belajar siklus I diperoleh 15 siswa (65,2%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 8 siswa (34,8%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata65,2. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 20 siswa (86,96%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (13,04%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 86,96. Dengan menggunakan penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar lari sprinttelah terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Soewondo Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 010 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29056 |