Siddik, Fajar (2017) PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI DALAM MENGUASAI PENGASUTAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5111131003 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 5111131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM. 5111131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
4. NIM. 5111131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 5111131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 5111131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5111131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5111131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5111131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 5111131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5111131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar siswa kelas XI, kompetensi Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, SMK N I Percut Sei Tuan materi instalasi motor listrik masih banyak yang dibawah KKM. Faktor yang memengaruhi tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa terdiri atas faktor dari dalam dan dari luar. Media konvensional masih digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Media simulasi yang lebih baik digunakan dalam pembelajaran tidak dimanfaatkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media simulasi dalam menguasai pengasutan motor induksi tiga fasa siswa SMK Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dari empat kelas, penelitian ini akan mengambil dua kelas sebagai sampel yang dipilih secara acak. Untuk menentukan hasil belajar, siswa diberikan lembar kerja (job sheet) praktik yang sesuai dengan soal ujian praktik kejuruan nasional 2015/2016 SMK kompetensi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik materi pengasutan motor induksi tiga fasa. Penilaian dilakukan oleh observer terhadap setiap proses yang dilakukan oleh siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. .
Berdasarkan penelitian ini skor rata-rata siswa pada skor tertinggi sangat baik pada bobot komponen persiapan dan proses kerja, berkategori sedang siswa memiliki penilaian baik pada bobot komponen persiapan kerja dan waktu kerja. Sedangkan pada kategori rendah, siswa memiliki penilaian baik pada bobot komponen persiapan kerja saja. Ini berarti bahwa penggunaan media simulasi dalam menguasai pengasutan motor induksi tiga fasa siswa SMK Kelas XI Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan mempengaruhi hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 017 |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Simulasi; Media Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29030 |