GINTING, VIJAI ERIYANDI (2017) ANALISIS TINGKAT LITERASI SAINS BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI PADA MATERI SISTEM SARAF DI SMA SEKECAMATAN PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341015 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM 4133341015 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 4133341015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 4133341015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM 4133341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 4133341015 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 4133341015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 4133341015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
12. NIM 4133341015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM 4133341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat literasi sains buku teks pelajaran Biologi SMA kelas XI di kecamatan Pancurbatu berdasarkan tema literasi sains dan secara khusus penelitian ini menekankan pada dimensi literasi sains meliputi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai jalan berpikir, sains sebagai hubungan teknologi dan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada 7 Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) di Kecamatan Pancurbatu yang terdiri dari SMA Negeri 1 Pancurbatu, SMA Swasta YAPIM Sei Glugur, SMA Swasta Methodist Pancurbatu, SMA Swasta Rakyat Sei Glugur, SMA Swasta Era Utama Pancurbatu, SMA Swasta Anastasia dan SMA Swasta Rakyat Pancurbatu. Jumlah sampel yang diteliti adalah 3 buah buku yakni Biologi SMA/MA Kelas XI Pratiwi, Erlangga; Biologi SMA Kelas XI Bagod, Yudhistira dan Biologi SMA Kelas XI Oman, Grafindo Media Pratama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan paling tinggi dan paling dominan dengan rata-rata sebesar 77,20% dengan kriteria cukup baik, dimensi literasi sains sebagai proses menyelidiki dengan rata-rata sebesar 11,32% dengan kriteria tidak baik, dimensi literasi sains sebagai cara berpikir dengan rata-rata sebesar 3,39% dengan kriteria tidak baik, dimensi literasi sains sebagai hubungan teknologi dan masyarakat dengan rata-rata sebesar 8,09% dengan kriteria tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 030 |
Keywords: | Literasi sains, Buku teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history Q Science > QL Zoology > QL801 Anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29002 |